GSI Lab adalah gerakan solidaritas dan kolaborasi bersama yang diinisiasi oleh Indika Foundation dalam rangka membantu Pemerintah Indonesia, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
Kami sedang membuka lowongan untuk:

1. Business Development Specialist (BDS)

Job description:
1.   Membantu Direktur Pengembangan Bisnis untuk mengembangkan strategi dan mengeksplor pemasaran serta pengembangan produk lini.
2.   Mengeksplor peluang global dan lokal, juga kemitraan serta pengelolaan proposal berkualitas tinggi
3.   Membuat dan menerapkan solusi efektif yang berkaitan dengan alur kerja bisnis.
4.   Mengembangkan presentasi produk dan demonstrasi strategi yang diusulkan; serta meneliti dan mengidentifikasi tren pemasaran untuk produk / layanan GSI.
5.   Mendukung generasi pemimpin bisnis baru, melacak perkiraan pasar, dan menghasilkan analitik
6.   Mengatur proyek agar tepat waktu, sesuai anggaran dan sesuai cakupan.
7.   Menyiapkan rencana bisnis tahunan dan laporan lain yang berkaitan dengan pengembangan bisnis.
8.   Membuat dan mengembangkan program pelanggan untuk produk atau layanan GSI.
9.   Memelihara dan memperbarui alat manajemen hubungan klien, database dan system manajemen pengetahuan.

Requirements and qualifications:
–   Pendidikan minimal Sarjana bidang Hubungan atau Urusan Internasional, Ekonomi, Bisnis, atau Kesehatan Masyarakat / Kesehatan / Life Sciences. Jika memiliki gelar lanjutan (Magister / Ph.D.) dalam disiplin ilmu yang sesuai, akan menjadi nilai lebih.
–   Memiliki pengalaman kerja yang relevan dalam bidang Kesehatan masyarakat dan layanan laboratorium ataupun industri biofarmasi
–   Memahami pengembangan biologi global, proses pengaturan dan komersialisasi khususnya di bidang kesehatan
–   Berpengalaman dalam keterampilan menulis, kuantitatif, negosiasi dan penelitian serta menyiapkan, mengoordinasi, dan mengelola proposal teknis berkualitas tinggi.
–   Pengalaman bekerja di laboratorium pusat atau layanan uji klinis merupakan nilai lebih.
–   Dapat membangun hubungan internal dan eksternal dan memelihara jaringan kontak yang luas.
–   Memiliki kepribadian yang baik dan rasa ingin tahu yang besar; serta dapat berinovasi dan memiliki kreativitas yang tinggi
–   Memiliki kemampuan menggunakan adobe photoshop, illustrator atau premiere menjadi nilai tambah

2. Laboratory Technician (LT)

Job description:
1.   Melakukan manajemen sampel, termasuk pengecekan keadaan sampel, pelabelan sampel, persiapan ekstraksi asam nukleus dan eksperimen laboratorium terkait lainnya.
2.   Melakukan proses ektraksi asam nukleat dan qRT-PCR dari sampel klinis (khususnya sampel COVID19) yang ada sesuai dengan protocol yang telah ditentukan
3.   Mengoperasikan dan menjaga kebersihan, kelengkapan, serta keadaan mesin dan peralatan laboratorium yang ada
4.   Menampilkan dan memasukkan data klinis/informasi demografis tentang pasien ke dalam basis data laboratorium/sistem informasi laboratorium.
5.   Memelihara semua komponen basis data kualitas klinis dan catatan kerja yang akurat (misal Catatan Pemeliharaan, Catatan Suhu, dll.)
6.   Menggunakan peralatan dan mesin laboratorium khusus ketika melakukan percobaan, mengambil dan memeriksa sampel; dan menjalankan prosedur ilmiah.
7.   Menguji prosedur dan praktik yang digunakan untuk memastikan kebenaran informasi yang dihasilkan serta membuat laporan kualitas klinis dan menyajikan temuan kepada manajemen
8.   Bertanggung jawab atas kebersihan, kelengkapan, kualitas, dan efisiensi kerja dalam laboratorium.

Requirements and qualifications:
–   Usia maksimal 35 tahun
–   Pendidikan minimal D3 Analis Kesehatan, atau Sarjana di bidang biologi, biomedis, bioteknologi, bioteknologi, akuakultur atau jurusan terkait lainnya.
–   Memiliki Surat Tanda Registrasi – Ahli Laboratorium Teknologi Medis diutamakan.
–   Minimal 1 (satu) tahun pengalaman sebagai Teknisi Laboratorium lebih diutamakan; freshgraduate are also welcome.
–   Memiliki kemampuan basic pipetting yang baik
–   Memiliki pengalaman bekerja/hands-on experience dalam Teknik-Teknik molecular biologi (Ekstraksi RNA atau DNA, PCR, Real-Time PCR, dll), dan –   Aseptic techniques. Pernah menghandle sampel klinis dari manusia dari aksesi ke penyimpanan lebih baik.
–   Memiliki pengalaman bekerja dengan mesin-mesin PCR
(Nilai tambah) Memiliki pengalaman dalam bidang medis dan bekerja dalam laboratorium BSL 2 ke atas
–   Memiliki kepribadian yang baik dan rasa ingin tahu yang besar, cerdas, berenergi tinggi, dan integritas yang tinggi; Dapat bekerja independent maupun dalam tim
–   Bersedia untuk bekerja dengan system kerja shift

3. Research and Development Specialist (RDS)

Job description:
1.   Menghasilkan penulisan proposal penelitian yang sesuai dengan bidang focus GSI Lab.
2.   Mengajukan permohonan hibah ataupun mengurus segala keperluan administrative dan practical dalam kepentingan penelitian yang ada
3.   Melakukan penelitian & mengembangkan produk dan proses baru untuk GSI Lab
4.   Melakukan proses pengujian dan percobaan skala lab.
5.   Membuat dokumentasi proses dan Analisa hasil akhir.
6.   Melakukan penulisan dan pengajuan jurnal nasional ataupun internasional
7.   Menganalisis data dan masalah yang terjadi dalam penelitian atau eksperimen
8.   Mengatur dan melakukan Sesi Membaca Jurnal dan acara terkait ilmiah lainnya.
9.   Mengikuti perkembangan teknologi dan informasi profesional melalui konferensi dan atau medis, biologi, biokimia, imunologi, dan dalam ilmu kesehatan masyarakat seperti literatur epidemiologi
10.  Mencari peluang untuk hibah penelitian.
11.   Melakukan kolaborasi penelitian dengan peneliti dan organisasi eksternal.
12.   Melaksanakan kebijakan dan program K3L Laboratorium

Requirements and qualifications:
–   Pendidikan minimal Magister dalam ilmu biologi seperti biologi molekuler, biokimia, biologi seluler, biomedik, atau imunologi atau dalam ilmu kesehatan masyarakat seperti epidemiologi atau ilmu data.
–   Wajib memiliki latar belakang dan pengalaman dalam penelitian laboratorium.
–   Memiliki pengalaman yang cukup bekerja dalam penelitian epidemiologi
–   Berpengalaman dengan teknik biologi molekuler dan genomik.
–   Penting untuk memiliki kemampuan dan keinginan untuk mempelajari teknik baru dan mengeksplorasi ke bidang penelitian baru.
–   Telah memiliki publikasi di jurnal ilmiah terkemuka baik nasional maupun internasional
–   Berpengalaman dalam menulis proposal dan penelitian dalam bidang sesuai focus GSI
–   Memiliki kepribadian yang baik dan rasa ingin tahu yang besar, cerdas, berenergi tinggi, cekatan dan integritas yang tinggi; Dapat bekerja independent maupun dalam tim, antar departemen yang ada

4. Laboratory Coordinator (LC)

Job description:
1.   Bertanggungjawab atas lab technician yang ditugaskan dilatih sepenuhnya agar memenuhi kompetensi yang diperlukan sesuai dengan pedoman, dan mengelola kinerjanya secara maksimal
2.   Mengelola beban kerja laboratorium secara efisien dan tepat waktu, termasuk bertanggung jawab untuk mengubah pola shift bila perlu untuk menyesuaikan beban kerja yang fluktuatif
3.   Memastikan laboratorium cukup memenuhi standar kualitas dan produktivitas untuk memenuhi batasan waktu yang ditetapkan
4.   Memastikan metode Quality Control yang dilaksanakan memadai dan sesuai dengan standar dan mengatasi masalah selama proses Quality Control.
5.   Bertanggung jawab atas persediaan dan peralatan yang dipesan serta dirawat untuk memenuhi kebutuhan laboraturium
6.   Melakukan proses ektraksi asam nukleat dan qRT-PCR dari sampel klinis (khususnya sampel COVID19) yang ada sesuai dengan protocol yang telah ditentukan
7.   Melakukan pengembangan pengujian/protokol baru secara berlanjut dan mengawasi pengembangan dan pemeliharaan kebijakan dan dokumen prosedur baru
8.   Memastikan kepatuhan terhadap semua standar peraturan dan keselamatan serta memberlakukan kebijakan dan prosedur
9.   Mampu berperan sebagai pelatih dalam sistem pelatihan, menghasilkan courseware, melatih dan mengevaluasi Teknisi Laboraturium

Requirements and qualifications:
–   Pendidikan minimal master atau tingkat pendidikan lebih tinggi di bidang biomedis, bioteknologi, bioteknologi, akuakultur atau jurusan terkait lainnya.
–   Memilikisertifikat Laboratorium CAP atau ISO15189.
–   Diutamakan memiliki Sertifikasi STR – ATLM.
–   Memiliki pengalaman yang cukup sebagai Teknisi Laboratorium.
–   Memiliki pengalaman dalam PCR dan pengujian untuk laboratorium dan terkait lainnya.
–   Memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajerial yang baik
–   Memiliki kepribadian yang baik dan rasa ingin tahu yang besar, cerdas, berenergi tinggi, dan integritas yang tinggi; Dapat bekerja independent maupun dalam tim
–   Bersedia untuk bekerja dengan system kerja shift

5. IT Specialist (IT)

Job description:
1.   Merancang, mengembangkan, memecahkan masalah, menguji, dan mendokumentasikan berbagai aplikasi dan web menggunakan API internal atau eksternal, atau platform eksternal (jejaring sosial, vendor API), termasuk backend (sisi server)
2.   Mengembangkan web menggunakan API internal atau eksternal, atau platform eksternal (jejaring sosial, vendor API).
3.   Memecahkan masalah server dan produksi.
4.   Memperbaiki error dan bug yang ditemukan di antarmuka produk/situs web GSI
5.   Menjaga API dan dokumentasi
6.   Menulis kode yang berkontribusi pada produk perusahaan dan membuka API
7.   Mempelajari dan mengembangkan teknologi baru yang dapat memperbaiki pengalaman pengguna
8.   Mengembangkan fitur baru yang menghadap pengguna menggunakan React js.
9.   Membangun komponen yang dapat digunakan kembali dan perpustakaan front-end untuk digunakan di masa depan
10.   Menerjemahkan desain dan gambar rangka menjadi kode berkualitas tinggi
11.   Mengoptimalkan komponen untuk kinerja maksimum di berbagai perangkat dan browser yang mendukung web.
12.   Mengoptimalkan aset, render, dan permintaan caching untuk memfasilitasi penggunaan perangkat lunak.

Requirements and qualifications:
–   Minimum Diploma dalam Ilmu Komputer / Sistem Informasi
–   3-4 tahun pengalaman dalam mengembangkan full-stack atau front-end dengan pengetahuan yang kuat tentang JavaScript, termasuk manipulasi –   DOM dan model objek JavaScript; atau solusi end-toend atau posisi yang relevan.
–   Berpengalaman dengan alur kerja React.js yang populer (seperti Flux atau Redux).
–   Berpengalaman dengan pustaka struktur data (mis., Immutable.js).
–   Berpengalaman dalam memproses dan mengubah data menjadi nilai lebih.
–   Berpengalaman dengan pola umum dalam sistem terdistribusi, mis. Rest, SOA, Saas, Web APIs dan mengembangkan endpoint RESTful
–   Berpengalaman dengan aplikasi pemrograman (Java, Spring Boot,Spring Data).
–   Berpengalaman dengan kerangka kerja untuk mendokumentasikan /merancang API (seperti swagger) akan menjadi nilai lebih.
–   Berpengalaman dalam Konsep OOP & MVC, versi git.
–   Berpengalaman dalam menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan pengguna.
–   Berpengalaman dan mahir dalam menggunakan XML atau JSON.
–   Berpengalaman dalam Rekayasa Data merupakan nilai tambah.

6. Finance Officer (FINANCE)

Job description:
1.   Melakukan tugas umum terkait keuangan, termasuk menangani data keuangan, mendokumentasikan dan menyerahkan laporan:
      –   Mengontrol piutang dan pembayaran rekening untuk kas dan bank harian.
      –   Mengontrol permintaan dana untuk operasional kantor.
      –   Memeriksa pembayaran dan mencatat uang tunai dan bank.
      –   Memeriksa saldo kas dengan laporan kas fisik dan harian.
      –   Melakukan pembayaran untuk semua biaya.
      –   Memasukkan data tunai dan bank.
      –   Mengelola pembayaran pajak perusahaan dan karyawan serta melaporkannya ke kantor pajak.
      –   Mempersiapkan rekonsiliasi bank dan uang tunai.
      –   Mempersiapkan pembayaran dan voucher uang tunai dan bank.
      –   Menyalin pembayaran serta voucher uang tunai dan bank untuk dikirim ke kantor pusat.
      –   Menyiapkan laporan keuangan (arus kas) secara berkala
      –   Rekapitulasi uang tunai dan bank.
2.   Menyelesaikan dispute keuangan yang diajukan oleh departemen lain.
3.   Menjadi kontak utama untuk departemen lain terkait masalah keuangan dan akuntansi.
4.   Turut membantu Kepala Departemen Keuangan dan eksekutif lain dalam proyek dan tugas bila diperlukan.

Requirements and qualifications:
–   Sarjana di bidang Akuntansi atau Keuangan.
–   Minimal 2 (dua) tahun pengalaman di bidang Akuntansi dan Keuangan, memiliki pengetahuan akuntansi dasar, eksporimpor, perpajakan, dan pengetahuan laboratorium secara umum.
–   Mampu mengoperasikan komputer.

7. Procurement (PRO)

Job description:
1.   Memanfaatkan metode statistik, seperti Re-Order Points dan FG inventory planning.
2.   Menginisiasikan pemesanan pembelian dan amandemen sesuai dengan perkiraan permintaan.
3.   Mempertahankan waktu standar dan objektif pelayanan dalam sistem, selagi meminimalisir penggunaaan dari kargo udara dan pengeluaran biaya lainnya.
4.   Mengamankan dan menganalisa, melakukan negosiasi harga dan ketentuan dengan vendor, merekomendasikan vendor dengan pertimbangan harga, kualitas dan daya saing pengiriman untuk tanggung jawab yang ditugaskan.
5.   Mempertahankan hubungan dengan vendor yang ada sekarang atau prospektif untuk menentukan persediaan, transportasi logistik dan kontrol inventaris dan manajemen.
6.   Mengkoordinasikan kualitas persoalan yang sesuai dengan perubahan/pengembangan di anatar aktivitas perusahaan dengan vendor.
7.   Komunikasi secara efektif dengan pemimpin, SIOP, perencana bisnis dan konsumen lainnya baik internal maupun eksternal agar memastikan mau memberikan persediaan.
8.   Melakukan, menganalisa, membuat laporan pengadaan performa dan progress dari kunci KPI’s

Requirements and qualifications:
–   Sarjana dalam Supply Chain Management, Teknik Industri dan jurusan lainnya yang berkaitan dengan disiplin bisnis.
–   Memiliki sertifikasi pada CPIM/CSCP/Six Sigma Green/Black Belt Certification bernilai tambah.
–   Memiliki pengalaman 3-5 tahun pada pengadaan atau perencanaan dalam manufaktur rantai pasokan (supply chain).
–   Memiliki pengalaman dalam Ilmu Kehidupan atau Industri Alat Kesehatan

8. Legal Officer (LEGAL)

Job description:
1.   Meninjau dan memberikan nasihat hukum terkait MOU, kontrak, dan dokumen tender (bila perlu).
2.   Meninjau kasus yang sedang berlangsung dan memberikan saran yang sesuai kepada Manajemen serta implikasi hukum dari kebijakan dan prosedur internal.
3.   Memberikan perlindungan hukum dan saran manajemen risiko kepada manajemen terutama pada manajemen kontrak; serta memantau kepatuhan terhadap kewajiban hukum kepada manajemen
4.   Meninjau dan menyusun kontrak, perjanjian, dan kebijakan internal dan memastikan bahwa mereka mematuhi semua persyaratan hukum di negara tempat bekerja.
5.   Meninjau progres litigasi berjalan serta berhubungan dan mengelola pengacara eksternal.
6.   Melakukan identifikasi kebutuhan lokal dan mengembangkan solusi sumber daya cerdas yang efisien termasuk pengembangan jaringan penasihat luar dan hubungan pro-bono
7.   Merumuskan daftar periksa kepatuhan hukum untuk memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan disediakan sebagaimana mestinya.
8.   Mempersiapkan, meninjau dan memodifikasi semua kontrak atau dokumentasi lain saat GSI telah berkomitmen dan menilai implikasi hukum yang perlu disampaikan untuk membantu dan mendukung berbagai kegiatan bisnis.
9.   Mengembangkan dan menerapkan prosedur untuk manajemen dan administrasi kontrak sesuai dengan kebijakan GSI.

Requirements and qualifications:
–   Sarjana Hukum, memiliki gelar Master adalah nilai tambah.
–   Pengalaman selama 3-5 (tiga hingga lima) tahun di firma hukum atau organisasi multinasional (sektor swasta atau LSM) di posisi terkait.
–   Pernah bekerja di lab dan industri kesehatan adalah nilai tambah.
–   Menunjukkan pengetahuan, dan pengalaman dengan hukum yang berhubungan dengan administrasi komersial/kontrak dan hukum perburuhan.

9. Reporting Technician (RT)

Requirements and qualifications:
–   Pria atau wanita,usia maksimal 35 tahun.
–   Pendidikn minimal Sarjana dalam bidang ilmu data,analisis data,statistik,matematika atau bidang terkait (BioInformatika,dll).
–   Memiliki pengalaman berkerja/hands-on experience dalam anlisis data dan pengembangan laporan(data science).
–   Pernah bekerja dengan paket pelaporan(business objects,dll) dan basis data (SQL,dll).Juga memiliki pengetahuan statistik dan pengalaman menggunakan paket statistik untuk menganalisis dataset besar(Excel,SPSS,Stata,R,Python,dll).
–   Memiliki kemampuan programming(Nilai tambah).
–   Memiliki pengalaman dan mampu bekerja dengan sejumlah dataset besar.
–   Memiliki kepribadian yang baik dan rasa ingin tahu yang besar sehingga dapat berinovasi.
–   Cerdas,berenergi tinggi,dan intregritas yang tinggi.
–   Dapat bekerja independent ataupun dalam tim.
–   Bersedia untuk bekerja dengan system kerja shift dan akan diberikan fasilitas penginapan karyawan.

10. Medical Officer (Medical)

Requirements and qualifications:
–   Dokter Umum
–   Bersedia bekerja dalam shift dan bagian dari tim
–   Memiliki ketrampilan biologi molekuler / berminat belajar teknik laboratorium molekuler
–   Masa kerja minimum 6 bulan
–   Fasih berbahasa Inggris

Please send your application and CV through:
Email to: umbctc@mercubuana.ac.id

Subject Email: UMB_Nama Lowongan/ Posisi_Nama Lengkap
contoh: UMB_RDS_Agnes Aulia

Masa berlaku lowongan sampai dengan: 17 Maret 2021