tracer-study-mercu-buana-tahun-2015

Tracer Study adalah studi pelacakan jejak lulusan/ alumni yang umumnya dilakukan 1 – 3 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui outcomes pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi didunia kerja. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan.

Tracer Study ini dilaksanakan untuk menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas perguruan tinggi kita. Tracer Study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara perguruan tinggi kita dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Tracer Study dilaksanakan untuk mengukur kualitas dan kompetensi lulusan, dengan mendata kepuasan alumni terhadap pekerjaan serta relevansi antara bidang ilmu yang dipelajari dengan jenis pekerjaan yang ditekuni.

Hasil tracer study akan dijadikan perbaikan sistem dan pengelolaan pendidikan yang dibutuhkan UMB serta kebutuhan untuk mengetahui rekam jejak alumni serta hubungan UMB dengan pekerjaan.

Oleh karena itu, segera melalui laman ini UMB akan meluncurkan Tracer Study Alumni dan Tracer Study Pengguna bagi Alumni UMB, dan kami mohon kesediaan Alumni UMB yang kami hormati untuk mengisi kuesioner Tracer Study Alumni dan Tracer Study Pengguna. Besar harapan kami agar alumni bekerja sama dalam pengisian kuesioner tersebut untuk kemajuan UMB dan Alumni. Untuk tahun ini, kami akan memulai Tracer Study dari Alumni UMB yang lulus di tahun 2013. Segera kunjungi laman Tracer Study Alumni dan Tracer Study Pengguna untuk berpartisipasi di Tracer Study lulusan tahun 2013.